--> v

Sebaiknya Baca dulu ini sebelum daftar online migrasi daya PLN khusus listrik prabayar

Akhir tahun 2015 marak di media online berita bahwa proses migrasi daya dari 450 dan 900 ke daya lebih tinggi yaitu 1.300, 2.200 dan seteruanya adalah gratis. Alasan pemerintah pada saat itu adalah sekitar 50 juta pelanggan listrik PLN menggunakan daya 450 dan 900 VA, dan pengguna daya ini disubsidi oleh pemerintah sehingga membebani APBN, olehnya pemerintah menggratiskan biaya migrasi daya agar masyarakat berminat untuk berpindah ke listrik non subsidi.
Berdasar informasi ini saya mencoba menanyakan ke PLN rayon wilayah saya, namun jawabannya adalah belum ada instruksi dari pusat, proses migrasi dari 900 ke 1.300 biayanya sekitar 400 ribu rupiah, agar lebih jelas saya telpon ke layanan pelanggan PLN 24 jam yaitu 123, dan jawabannya juga sama.
Lewat CS PLN 24 jam ini saya menanyakan proses migrasi daya ini dan ternyata dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu mendatangi langsung kantor pelayanan PLN di wilayah setempat untuk mengajukan permohonan migrasi daya atau melakukan pendaftaran online migrasi daya listrik di www.pln.co.id
Untuk pemohon ke kantor PLN syaratnya cukup mudah, karena kebetulan saya pengguna listrik prabayar jadi cukup membawa dokumen sebagai berikut
1. Fotocopy KTP
2. Kartu pelanggan listrik prabayar
Dengab modal dokumen tersebut saya ke kantor PLN yang hanya berjarak 2 km dari kediaman saya. Namun sesampainya disana ternyata permohonan saya tidak bisa di proses karena alamat di KTP saya berbeda dengan alamat tempat tinggal saya.
Akhirnya saya memilih mendaftar secara online.
Caranya cukup mudah langsung masuk ke website www.pln.co.id kemudian pilih migrasi daya, setelah itu masukkan nomor listrik prabayar dan otomatis data akan terisi. Setelah mendaftar akan mendapatkan nomor registrasi yang akan digunakan pada saat pembayaran via bank.
Saya mendaftar online tanggal 2 januari 2016, dan melakukan pembayaran via atm bank BCA tanggal 4 januari 2016. Harap memperhatikan bahwa tidak semua bank bisa menerima pembayaran PLN via atm petunjuknya ada di website pln juga.
Tanggal 6 januari saya mendapat telpon dari kantor PLN wilayah saya agar ke kantor PLN untuk proses registrasi, padahal di pendaftaran online saya sudah registrasi, tanggal 7 saya datang ke kantor PLN sekitar jam 3 sore, sesampainya disana ternyata oleh petugasnya mengatakan bahwa saya datang terlambat berkasnya sudah dikirim. Jadi tinggal tunggu telpon saja dari petugas migrasi daya yang akan datang ke rumah saya, saya disuruh menyiapkan materai 6000 dan dokumen pemilikan rumah karena alamat KTP berbeda dengan alamat tempat tinggal.
Pikir saya mendaftar online memudahkan tapi ternyata masalah justru timbul belakangan.
Setelah menunggu beberapa hari petugas PLN belum menelpon saya, pikiran saya tidak apa-apa, hitung-hitung pakai listrik subsidi dulu awal tahun.
Masalahnya muncul tanggal 13 januari 2016, ketika angka di meteran listrik saya tertulis tinggal 6.58 tidak lama kemudian alarm mulai berbunyi beep beep beep, seperti biasa saya melakukan pengisian voucher listrik via sms banking dan alangka kagetnya begitu mendapat pemberitahuan di sms bangking bahwa daya listrik saya sudah berubah ke 1.300. Transaksi via sms banking sukses dan saya mendapatkan kode tokennya tapi tidak bisa terimput selalu REJECT.
Tengah malam saya kembali menelpon 123 untuk menanyakan hal tersebut, dan memang ternyata daya saya secara sistem sudah berpindah ke 1.300 tapi tidak bisa melakukan pengimputan token karena meteran saya masih menggunakan 900. Oleh petugas CSnya menyarankan akan membantu pengimputan token via petugas di daerah saya, pikiran saya PLN sekarang luar biasa punya petugas lapangan 24 jam, selang 15 menit kemudian petugas PLN di wilayah saya menelpon, namun tidak bisa membantu karena katanya yang bisa melakukan proses migrasi adalah petugas khusus yang hanya bekerja sesuai dengan waktu kerja yaitu jam 08.00 - 17.00 akhirnya disuruh menunggu sampai pagi dengan resiko malam ini listrik saya mati total.
Jam 08.00 saya menelpon PLN wilayah saya dan mereka sangat kooperatif akan membantu, dan segera menghubungi petugas migrasi daya.
Namun sayang petugasnya baru datang sekitar jam 17.00, itupun saya menelpon ke kantor mereka sebanyak 5 kali plus sekali ke layanan PLN 24 jam 123.
Proses pengerjaannya sangat singkat hanya sekitar 10 menit saja. Hanya petugasnya yang lambat datang alasannya banyak yang melakukan migrasi daya.....Alhamdulillah token yang saya beli akhirnya bisa terimput dan sekarang sudah tidak menggunakan lagi listrik subsidi pemerintah...
Saran saya jika ingin melakukan proses migrasi daya secara online sebaiknya :
1. pastikan voucher listrik anda bertahan sampai 15 hari karena dari informasi CS 123 proses migrasi ini membutuhkan waktu 5 hari kerja, 15 hari kerja jika ada gangguan layanan dan bisa sampai 40 hari kerja jika ada kerusakan sistem.
2. Kita harus proaktif untuk bertanya kapan petugasnya datang... karena jika kita hanya menunggu kejadiannya akan sama seperti yang saya alami
3. Siapkan berkas- berkas anda secara lengkap, walaupun saya menyiapkan berkas yang diminta ternyata petugasnya tidak menanyakan langsung mengerjakan migrasi saya. Mungkin karena saya sudah berulangkali menelpon hehehe
4. Untuk mendukung Indonesia bersih jangan memberikan tip kepada petugas PLN yang datang ke rumah anda "pesan dari CS 123

Semoga bermanfaat dan silahkan share jika anda merasa terbantu.
posted from Bloggeroid

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments